Paradigma Inkuiri Apresiatif (1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif)

 

Cahaya Kepahiang - Kamis, 29 September 2022 

Salam dan Bahagia ....!!! Halo sobat kali ini saya akan berbagi tentang tugas guru penggerak pada modul 1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif, seperti apa???yuk simak infonya.

Hal yang mencerahkan saya sebagai pendidik di sepanjang proses menyusun visi pribadi saya antara lain adalah bahwa visi merupakan pandangan atau berorientasi jauh ke depan, dimana dalam menyusun visi ini saya mendapatkan pengetahuan dan ide-ide positif yang dapat saya terapkan dan tuangkan dalam setiap aktivitas pembelajaran disekolah, secara khusus berfokus pada Peserta Didik.

Inkuiri apresiatif adalah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif berbasis perubahan , sebagai salah satu model manajemen perubahan dan mencoba menerapkannya melalui tahapan dalam Inkuiri Apresiatif yang disebut dengan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi).

Berbicara tentang kekuatan dan hal positif, Paradigma Inkuiri Apresiatif juga sejalan dengan pernyataan Ki Hajar Dewantara bahwa anak anak hidup dan tumbuh sesuai dengan kodratnya sendiri baik kodrat alam maupun kodrat zaman.Pendekatan paradigma Inkuiri Apresiatif sejatinya adalah menggali potensi setiap anak sesuai dengan kodratnya masing masing. Jadi paradigma ini bisa menjadi salah satu metode untuk mencapai visi yang sesuai dengan visi Ki Hajar Dewantara.

Melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif dengan tahapan BAGJA maka peran penting guru dalam mewujudkan “murid merdeka” yaitu :

1.Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid

2.Menggali potensi pada diri murid baik (bakat,minat,cara belajar dan lain-lain) dan lain lain sesuai dengan kodrat zaman (perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi zaman itu)

3.menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan bermakna

4.menumbuhkan motivasi intrinsik siswa 

Setelah mengetahui peran kita sebagai guru maka kita bisa mengambil langkah konkret dalam menerapkan pendekatan Inkuiri apresiatif model BAGJA ini antara lain :

1.Memahami kekuatan kekuatan positif sekolah yang sudah ada

2.Menyusun visi sekolah sesuai dengaan pendekatan Inkuiri Apresiatif

3.Menginventarisir kendala kendala yang muncul dan mencari solusi secara bersama sama dan mengedepankan musyawarah

4.Bekerja sama dengan antar pemangku kepentingan , dan melakukan perannya masing-masing dengan baik

“Kita sebagai guru dapat menerapkan pendekatan Inkuiri Apresiatif model BAGJA ini sebagai salah satu cara dalam meningkatkan organisasi/sekolah atau pembelajaran dalam kelas, Kolaborasi antar pemangku kepentingan seperti pemerintah,warga sekolah dan elemen masyarakat menjadi hal yang wajib dilakukan jika kita ingin mencapai hasil yang maksimal”

Related

Penggerak 941042637599691667

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

item