Praktik Baik Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran


 Cahaya Kepahiang - Salam dan Bahagia...!!!

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)

Menggunakan Metode Star

(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SMK NEGERI 1 KEPAHIANG

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH MENENGAH

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan motivasi belajar serta Peran aktif peserta didik dalam pembelajaran dikelas masih rendah.

Penulis

Roni Yulianto,S.Pd

Tanggal

23 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

1.      Peserta didik kurang fokus pada saat pembelajaran

2.      Sering gelisah ketika berada didalam kelas karena merasa waktu pembelajaran sekarang waktunya lebih panjang

3.      Peserta didik kurang aktif/malu untuk mengungkapkan pendapat saat proses pembelajaran.

4.      Pembelajaran hanya terpusat pada guru sebagai sumber belajar.

Kondisi ini diperparah dengan kurangnya memanfaatkan media ajar dan model pembelajaran inovatif serta teknologi informasi dalam pembelajaran dikelas.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat.

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan melalukan refleksi diri, studi literatur, wawancara Kepala Sekolah, teman sejawat, pengawas dan pakar, serta kunjungan ke orang tua peserta didik, maka diperoleh beberapa tantangan yang terjadi, yakni :

1.      Media ajar yang digunakan guru belum menarik motivasi belajar peserta didik.

2.      Kurangnya pemantaatan TPACK pada saat pembelajaran

3.      Dalam penyampaian materi masih monoton dan berpusat pada guru.

4.      Penerapan model pembelajaran kurang maksimal.

Yang terlibat dalam tatangan ini adalah :

1.      Kepala Sekolah

2.      Wakil kepala sekolah

3.      Staff wakil kepala sekolah

4.      Guru BK

5.      Semua pendidik dan tenaga kependidikan yang  ada di sekolah.

6.      Orangtua / wali murid.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah - langkah yang dilakukan untuk menghapadi tantangan :

1.    Membuat dan menerapkan Modul Ajar ketika mengajar dikelas tentunya Modul Ajar yang memilik model - model dan metode pembelajaran sesuai dengan keadaan ruang lingkup sekolah tempat kita berkerja.

2.    Sebelum kegiatan pembelajaran berikan video motivasi yang mampu merubah pola pikir mereka untuk memiliki kebiasaan baik dalam menjalankan aktifitas sehari - hari.

3.    Media pembelajaran yang interaktif sehingga membuat peserta didik tertarik dalam menjalankan aktifitas kegiatan pembelajaran berlangsung

4.    Melakukan Ice breaking jika kita mengajar lebih dari 2 JP

5.    Membuat LKPD dan Jobsheet untuk setiap kegiatan yang berlangsung

6.    Menjadikan kegiatan pembelajaran terpusat kepada peserta didik dengan metode diskusi sesama teman dan menciptakan tutor sebaya.

7.    Melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran yang interaktif.

 

Jika beberapa point dapat dilaksanakan oleh semua element manajemen sekolah mulai dari kepala sekolah sampai guru mata pelajaran maka kegiatan pembelajaran yang interkaktif antara guru dan peserta didik akan tercipta.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Saat saya mencoba menerapkan dalam pembelaran PPL rencana aksi 1 dan 2, point yang ingin saya capai dapat berjalan dengan efektif dan kegiatan pembelajaran dengan saya selalu dinanti untuk pertemuan - pertemuan berikutanya, dan peserta didik sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang saya lakukan,

Faktor keberhasilan yang menunjang keberhasilan yaitu

1. Penerapan Modul Ajar dalam kegiatan pembelajaran.

2. Motivasi dalam pembelajaran

3. Sarana dan prasarana sekolah yang memadai

4. Media pembelajaran yang menarik dengan   menerapkan TPACK

5. LKPD dan jobsheet yang jelas

6. Dan dukungan dari sekolah dalam menjalankan aktifitas pembelajaran.

 

Hasil dari semua pembelajaran yang terjadi menuntun saya menuju menjadi guru yang lebih profesional dalam menjalankan TUPOKSI saya menjadi seorang guru.

 


Kepahiang, 23 September 2022

Mahasiswa PPG Daljab 2022,

 

 

 

Roni Yulianto, S.Pd


Related

Penggerak 1976923871851871867

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

item