Praktik Baik Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Cahaya Kepahiang - Salam dan Bahagia...!!!
LK 3.1 Menyusun Best
Practices
Menyusun
Cerita Praktik Baik (Best Practice)
Menggunakan Metode Star
(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SMK NEGERI 1 KEPAHIANG |
Lingkup Pendidikan |
SEKOLAH
MENENGAH |
Tujuan yang ingin dicapai |
Meningkatkan
motivasi belajar serta Peran aktif peserta didik dalam pembelajaran dikelas
masih rendah. |
Penulis |
Roni Yulianto,S.Pd |
Tanggal |
23 September
2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar
belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang
menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi yang menjadi
latar belakang masalah : 1.
Peserta didik kurang fokus pada saat pembelajaran 2. Sering gelisah
ketika berada didalam kelas karena merasa waktu pembelajaran sekarang
waktunya lebih panjang
3. Peserta didik
kurang aktif/malu untuk mengungkapkan pendapat saat proses pembelajaran. 4.
Pembelajaran
hanya terpusat pada guru sebagai sumber belajar. Kondisi
ini diperparah dengan kurangnya memanfaatkan media ajar dan model
pembelajaran inovatif serta teknologi informasi dalam pembelajaran dikelas. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai
tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat. |
Setelah
dilakukan identifikasi masalah dengan melalukan refleksi diri, studi
literatur, wawancara Kepala Sekolah, teman sejawat, pengawas dan pakar, serta
kunjungan ke orang tua peserta didik, maka diperoleh beberapa tantangan yang
terjadi, yakni : 1.
Media ajar yang digunakan guru belum menarik
motivasi belajar peserta didik. 2.
Kurangnya pemantaatan TPACK pada saat pembelajaran 3.
Dalam penyampaian materi masih monoton dan berpusat
pada guru. 4.
Penerapan model pembelajaran kurang maksimal. Yang terlibat
dalam tatangan ini adalah : 1.
Kepala Sekolah 2.
Wakil kepala sekolah 3.
Staff wakil kepala sekolah 4.
Guru BK 5.
Semua pendidik
dan tenaga kependidikan yang ada di
sekolah. 6.
Orangtua
/ wali murid. |
Aksi : Langkah-langkah apa yang
dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/
bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau
materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah - langkah yang dilakukan untuk menghapadi
tantangan : 1. Membuat dan menerapkan Modul Ajar ketika mengajar dikelas
tentunya Modul Ajar yang memilik
model - model dan metode pembelajaran sesuai dengan keadaan ruang lingkup
sekolah tempat kita berkerja. 2. Sebelum kegiatan pembelajaran berikan
video motivasi yang mampu merubah pola pikir mereka untuk memiliki kebiasaan
baik dalam menjalankan aktifitas sehari - hari. 3. Media pembelajaran yang interaktif
sehingga membuat peserta didik tertarik dalam menjalankan aktifitas kegiatan
pembelajaran berlangsung 4. Melakukan Ice breaking jika kita mengajar
lebih dari 2 JP 5. Membuat LKPD dan Jobsheet untuk setiap
kegiatan yang berlangsung 6. Menjadikan kegiatan pembelajaran terpusat
kepada peserta didik dengan metode diskusi sesama teman dan menciptakan tutor
sebaya. 7. Melengkapi sarana dan prasarana yang
menunjang kegiatan pembelajaran yang interaktif. Jika beberapa point dapat dilaksanakan oleh semua
element manajemen sekolah mulai dari kepala sekolah sampai guru mata
pelajaran maka kegiatan pembelajaran yang interkaktif antara guru dan peserta
didik akan tercipta. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari
Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak
efektif? Mengapa? Bagaimana respon
orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor
keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Saat
saya mencoba menerapkan dalam pembelaran PPL rencana aksi 1 dan 2, point yang
ingin saya capai dapat berjalan dengan efektif dan kegiatan pembelajaran
dengan saya selalu dinanti untuk pertemuan - pertemuan berikutanya, dan
peserta didik sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang saya lakukan,
Faktor
keberhasilan yang menunjang keberhasilan yaitu 1. Penerapan Modul Ajar dalam kegiatan
pembelajaran. 2. Motivasi dalam pembelajaran 3. Sarana dan prasarana
sekolah yang memadai 4. Media pembelajaran yang
menarik dengan menerapkan TPACK 5. LKPD dan jobsheet yang
jelas 6. Dan dukungan dari sekolah
dalam menjalankan aktifitas pembelajaran. Hasil dari semua
pembelajaran yang terjadi menuntun saya menuju menjadi guru yang lebih
profesional dalam menjalankan TUPOKSI saya menjadi seorang guru. |
Kepahiang, 23 September 2022
Mahasiswa PPG Daljab 2022,
Roni Yulianto, S.Pd